Thursday, June 21, 2012

ANALISIS SEBUAH KASUS KEGAGALAN KOMUNIKASI


Nama  : Duwi Siswanto
Kelas   : Agribisnis B
Nim     : 0910440060

Deskripsi Pengalaman Pribadi
Komunikasi adalah pertukaran informasi antara dua individu atau lebih yang bertujuan untuk menyampaikan informasi. Komunikasi juga bertujuan persuasif, yakni untuk mempengaruhi si penerima agar menuruti dan menjalankan apa yang kita inginkan. Kegiatan komunikasi sangat penting dalam memajukan pembangunan bangsa suatu negara. Salah satu contohnya adalah memajukan pembangunan di bidang pertanian, yang mana pertanian adalah sumber penghasilan utama bagi negara-negara yang berkembang, salah satu kegiatan komunikasinya adalah penyuluhan pertanian. Dalam melakukan penyuluhan ini dibutuhkan pemahaman yang tinggi terhadap komunikasi diantaranya pemilihan kata-kata agar mudah dipahami oleh petani, penggunaan komunikasi nonverbal, pemahaman sumber, dan penguasaan mengendalikan situasi dalam melaksanakan penyuluhan agar penyuluhan yang disampaikan dapat diterima oleh kaum petani terutama petani kecil.
Saya mempunyai pengalaman yang menarik di bidang komunikasi ini.  Pengalaman ini terjadi di gedung Rektorat Universitas Brawijaya. Pada waktu itu saya dan teman-teman ingin mengetahui mushola yang ada di lantai tingkat 8. Kami sangat penasaran, meskipun kami belum tahu apa-apa tantang rektorat, kami tetap nekad ingin ke mushola. Kami memberanikan diri masuk ke rektorat, salah satu dari kami melihat ada lift disamping kiri, kami pun ingin mencoba juga, ini adalah pertama kalinya saya naik lift, kami menuju ke lantai 8.
Di dalam lift kami bercanda sambil tertawa-tawa karena berhasil massuk rektorat dan naik lift. Tiba-tiba di lantai 5 lift yang kami naiki berhenti dan terbuka. Eh…!! Ternyata lift yang kami naiki di stop oleh security rektorat dan dijalankan turun lagi. Begitu mengetahui ada kami yang ada didalam lift, security langsung bertanya, “Mau kemana kalian?” Kami menjawab,”ke lantai 8 pak.” Maka security pun berkata, ”Wah maaf dik, liftnya tidak sengaja saya hentikan sampai lantai 5 saja, jadi kalau adik-adik ingin ke lantai 8, adik-adik bisa nunggu liftnya naik lagi atau naik tangga.” Dengan kecewa dan muka masam kami keluar dari lift dan terpaksa naik tangga dari lantai 5 ke lantai 8. Pada saat naik tangga, kami tetap bercanda gurau lagi seperti awal untuk menghilangkan rasa kecewa kami. Sesampainya kami di lantai 8, kami tercengang, sepi sekali di lantai 8, kami mencari kesana-kemari dan tidak menemukan yang namanya mushola, kami seperti anak ayam kehilangan induknya.
Mendengar ada kegaduhan dari kami maka ibu yang ada di dalam ruangan pun keluar dan bertanya kepada kami, “Kalian ingin kemana?” Dan kami menjawab,” Kami ingin ke mushola.” Ibu tadi kemudian menjawab dengan nada agak marah,”Saya beri tahu ya, mushola itu ada di lantai 5, jadi kalian cepat turun dan jangan membuat keributan disini, cepat turun… turun..!!”
Kami langsung buru-buru ke lantai 5 lagi melalui tangga karena kami jera naik lift lagi. Sampai di lantai 5, kami langsung menuju ke mushola dan memuas-muaskan perasaan kami. Kami melihat sekitar Universitas dari atas, kemudian kami sholat Dhuhur.

Analisis SCMR dan Pembahasan
Dari pengalaman diatas dapat dianalisis dari segi sumber yaitu kurangnya pengetahuan kami tentang lokasi musholanya yang pasti. Pada awalnya kami mendengar kabar kalau musholanya di lantai 8 dan tidak bertanya dengan sumber lain, misalnya kepada security sebelum masuk rektorat.
Kemudian dari segi message yaitu kurangnya pengembangan dalam mengolah pesan sehingga terjadi salah paham dalam memahami isi dari pesasn yang diterima dari seseorang. Seharusnya pesan yang ditangkap dikembangkan lagi berdasarkan sumber-sumber lain sehingga pemahaman lokasi mushola menjadi lebih dalam dan berdaya guna.
Dari segi channel yaitu kurang tajamnya penglihatan kami pada waktu turun dari lift di lantai 5. Semestinya kami tidak langsung naik ke lantai 8, atau bertanya dahulu ke security yang menghentikan liftnya, sehingga kami tidak kebablas sampai ke lantai 8.

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari pengalaman ini adalah pentingnya ketelitian dalam mengolah dan mencerna pesan komunikasi sehingga tidak terjadi simpang siur dan kekeliruan dalam memahami pesan yang telah disampaikan. Seperti halnya dalam memahami sumber pesan yang disampaikan, apakah sumber itu dapat dipercaya benar atau tidak.
Dari pengalaman saya diatas seandainya kami lebih menelaah lebih jauh apakah mushola rektorat itu di lantai 8 atau lantai berapa, kami pasti tidak akan kesasar sampai ke lantai 8 yang akhirnya kami harus kembali  ke lantai 5 lagi. Kemudian kami bertanya kepada security pada saat lift yang kami tumpangi berhenti, tentunya nasib sial ini tidak akan terjadi pada kami dan kami pun tidak akan dimarahi oleh ibu yang ada di lantai 8 tersebut.
Dari sini saya dapat mengutarakan suatu argument bahwa pesan itu penting dan perlu banyak sumber yang lebih dari satu untuk menelaah kebenaran pesan dan kredibilitas sumber.

Sekian

1 comments:

danasahabat.blogspot.com said...

Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
100% berkas aman cukup fc ktp.slip
gaji/skp kartu kredit npwp
khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI LAMPER SARI SEMARANG
chairul sarto utomo via sms telp
085229348635, 085600125176 pin bb 3166854C. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz