Monday, May 20, 2013

Tanya Jawab Hukum Menggunakan Softlens pada saat Berpuasa

Ramadhan1 693x1024 Beberapa Hal yang Membatalkan Puasa

Hari ini hari senin, alhamdulillah ane nyoba puasa sunnah senin kamis, mulai dari minggu maren sih baruan,, tapi gak apalah yang penting dijalani n disyukuri..

Tapi alamak, aku memakasi softlens, bagaimana nih, softlens kan ada cairannya, trus cairannya kan masuk ke mata, apakah itu tidak membatalkkan puasa???

Sempat bingung jg, akhirnya ane cari-cari di internet tentang hukum kayak gtu,, nemu juga dech di sebuah situs yang bernama http://www.2lisan.com,.. di situs ini ada sebuah tanya jawab tentang penggunaan lensa kontak pada saat berpuasa..

TANYA :

Apa hukum menggunakan obat tetes mata? Obat tetes mata ini merupakan antibiotik, bukan makanan. Apa hukum masuknya sisa larutan pembersih lensa kontak –yang merupakan cairan antibiotik– ke dalam mata, lalu dari mata ke hidung dan tenggorokan?

JAWAB :

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum penggunaan obat tetes mata bagi orang yang berpuasa. Para ulama Hanafiyah –dalam pendapat yang ashah— dan para ulama Syafi’iyah –dalam makna eksplisit pendapat mereka— berpendapat bahwa obat tetes mata tidak membatalkan puasa. Menurut mereka, penggunaan obat tetes mata tidak bertentangan dengan tujuan utama puasa yaitu menahan diri dari makanan dan minuman. Hal itu meskipun penggunanya menemukan rasa obat tersebut di tenggorokannya. Selain itu, karena menurut mereka mata tidak termasuk lubang yang terbuka. Sedangkan para ulama Malikiyah dan Hanabilah berpendapat bahwa obat tetes mata membatalkan puasa jika obat itu sampai ke tenggorokan. Hal itu karena, menurut mereka, mata adalah termasuk lubang terbuka meskipun tidak umum. Pendapat yang kami pilih adalah bahwa tetes mata tidak membatalkan puasa, meskipun sampai ke tenggorokan. Hal itu karena mata tidaklah termasuk dalam lubang terbuka. Sedangkan keberadaan obat tetes mata tersebut di tenggorokan tidak berarti bahwa mata adalah organ pintu masuk benda ke tubuh, karena bisa saja benda tersebut bukan dari lubang terbuka tapi melalui sarana lain seperti kulit.

Sekian

Semoga Bermanfaat

2 comments:

Elang Biru said...

oyii kang,,, salam balik dari ane juga..

Unknown said...

Alhamdulillah, trim's^^

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz