Friday, May 10, 2013

Strategi Dakwah on the Way

Judul diatas apa artinya ya,, hahah,, ndak ngerti ah,, yang penting ngetrend aja.

DAKWAH ITU ADALAH PROSES, BUKAN HASIL AKHIRSekarang ini banyak para muslim yang berusaha mengingatkan saudaranya untuk kebaikan, namun justru malah ditentang atau bahkan menjadi dimusuhi. What happen??

Ada orang ceramah, dicibir. Ada orang ngingetin, dicuekin. Malah diajak debat seperti layaknya paham sekuler. Hadee,, pejuang muslim harus berpikir dua kali jikalu mau berdakwah ke jalan kebaikan.

Setelah ane telusur punya telusur, ternyata yang salah adalah metode yang digunakan dan timing untuk dakwahnya. Banyak muslim yang sedikit2 dakwah sedikit2 dakwah. Memang sangat diwajibkan untuk membagi ilmu seperti firman Allah SWT :

Sebarkanlah walau satu ayat

Namun dalam menyebarkan ini, seorang muslim cendikiawan harus tau lingkungan sekitarnya.

Ada baiknya jika kita flashback ke belakang, merujuk pada suksesnya Islam masuk ke tanah Jawa. Apa yang perlu dicontoh?? Yang perlu dicontoh adalah metode Wali dalam menyebarkan dan menegakkan agama Islam di Tanah Jawa. Terutama sekali saya mendukung Wali Songo yang menyebarkan Islam dengan mengikuti akulturasi budaya, sehingga sadar gak sadar orang Jawa mengenal Islam dan masuk Islam tanpa pemaksaan.

Penggunaan gamelan, pementasan wayang dengan ajian pamungkas ajimat Kalimasada (dalam artinya Kalimah Syahadat), membangun masjid yang hampir menyerupai pura hindu seperti masjid Agung Demak, dsb.

So, remaja muslim must keep spirit guys. Jika ingin dakwahnya menusuk eh maksudnya mengena sasaran, ane punya tips dikit nih :

  1. Teliti dulu lingkungan sekitar sebelum dakwah, masuk sebagai anggota lingkungan namun tetep pada koridor Islami. Gak kebayang kan dakwah di Gang Dolly, berdiri di tengah jalan sambil teriak, “laa takrabuz zina”.. hehehe.. bisa2 dianggap orang gila ente.
  2. Jangan menggunakan dalil-dalil pake bhasa Arab melulu, ya kalo dia ngerti not problem, nah kalo ketemu orang awam bejibun?? Jangan dikit2, “Qala ta’ala,, Qa la rasulallah salawallahu alaihi wassalam,,”.. gak akan mudeng gan lawannya. Percum tak bergun.
  3. Ketika ada saudara yang melakukan kesalahan, jangan langsung diceramahi,” itu salah, itu dosa besar, berdasarkan hadist ini inin ini…. prettttz”. Saudara kita malah akan membenci kita sendiri. Rangkul dia, cari tau apa masalahnya, bila mungkin bantu dia menyelesaikan dengan solusi yang baik dan benar menurut Islam..
  4. Pikir ndri aja deh,, udah mentok nih otak,, hehehe.. to be continued aja wes,,

Oke guys,, itu saranku untuk kemajuan umat muslim.

Kalau saran ente gimana kang???

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz