Monday, February 6, 2012

Birokrasi SKCK

Ini ada sebuah cerita yang ane kutip dari blog sobat Elang yang ane rasa sangat unik dan berhak untuk mendapat sorotan dari para pembaca,,
juga untuk sekedar perenungan.. hehe..

oke silakan langsung disimak saja..

hari ini hari yang membahagiakan buat gw, setelah semaleman di bikin sakit perut nungguin result summer class, pas pagi gw check tenyata gw pass bahkan credit..jadilah pagi ini senyum nempel di muka gw….bayangan gw pake regalia bulan juli besok makin jelas….gelar B.com di belakang nama pun makin nyata.

tapi ada kerjaan lain yang harus gw kerjain…dan kerjaan ini sedikit memakan waktu, bensin dan kesabaran…hari ini gw mau ngurus SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian atau ada juga yang nyebut surat keterangan kelakuan baik….gw butuh surat ini buat mengurus visa…berhubung sarjana sudah dekat jadi gw mulai menyusun rencana..salah satunya TR (temporary residence) nah salah satu kelengkapan gw butuh SKCK…

oke dengan ditemani pacar gw coba urus surat ini sendiri…gw pengen tau gimana ribetnya birokrasi di indonesia ini….berhubung mood juga lagi bagus…

oke step pertama gw ke RT minta surat pengantar yang nantinya bakal gw anter ke lurah trus dari lurah bakal dibuatin surat pengantar ke polres….

ke RT masih gampang….lo cukup bawa KTP and all done…!!!!! di ujung pertemuan gw dengan si RT gw nanya perihal adakah biaya yang harus di bayar….jawab RT simple….terserah mas aja…..berhubung mood baik gw kasih dah biaya sukarela tersebut….

lanjut kelurah…nyampe di kantor lurah suasana sepi….ada beberapa staff yang lagi haha hihi di ruang pelayanan…ada banner yang tulisan nya “TANPA MENGURANGI RASA HORMAT, PELAYANAN KAMI BEBAS PUNGLI DAN TIDAK MELAYANI TANDA TERIMA KASIH”..gw ketawa kecil dalem hati…gw udah nyiapin sebenernya..tapi si pacar malah bilang klo ga minta ga usah di kasih……tapi gw cuma pengen ngetes seberapa tinggi komitment tulisan tersebut..

begitu duduk, gw kasih surat pengantar dari RT…ga lama kelar, trus pegawai kelurahan nanya buat apa SKCK nya…gw jawab lempeng buat ngurus visa..bedasarkan arahan doi gw disuruh lansung ke polres….gw sempet nanya tandangan camat nya perlu ga? doi bilang kagak lansung aja ke polres….,sebelum gw cabut gw tes lagi nih..gw tanya ada biayanya ga bu??? lagi-lagi jawabanya sama terserah mas aja…...oke gw kasih lagi….

nyampe di polres gw udah PD…dokumen udah ada semua….nyampe di loket gw di kagetin sama jawaban sang penjaga loket…ini syarat-syarat kurang mas….perlu tanda tangan camat….lalu gw bilang tadi kata orang kelurahan ga perlu….di bales lagi sama yang jaga loket lempeng…emang biasanya kelurahan ga ngasih tau mas….mood mulai ancur…dikira gw dukun kali ya bisa tau dengan sendirinya….

untungnya kelengkapan lain yang harus di polres bisa di urus dulu…jadilah gw cap 10 jari di polres….isi form….cap jari….ga lama kelar….disini agak ekstrim…si pegawai lansung bilang biaya nya bisa di bayar disini…oke ga masalah….gw tanya berapa…jawab nya lebih lempeng lagi…..terserah mas aja….besar alhamdulilah kecil ya ga apa-apa mas.…-_____-“

gw ga ngerti dimana letak masalahnya? lo bisa bayangin gimana ribetnya birokarsi nya dari RT lo di oper ke lurah…camat…trus ke polres….blom lagi pungli nya…lo banyangin klo tiap stop lo harus bayar 10,000-20,000 boncos ga lo???

kenapa sih susah amat bilang “ ga ada biayanya….ini bentuk pelayanan negara ke masyarakatnya..” kenapa harus di jawab terserah aja….buat gw ini udah penyakit akut di indonesia…birokarsinya yang bertele-tele plus punglinya nya bikin yang bikin kita tersenyum kecut , gimana lo mau berharap bangsa lo mau maju klo ngurus hal kecil beginian aja udah jadi objek korupsi ??

dampak nya ke masyarakat juga jadi buruk….semua orang jadi males ngurus keperluan yang kaya gitu sendiri…dan akhirnya nyuruh orang lain buat ngerjain hal-hal yang ada hubungan nya sama birokrasi negara…di kepala pasti lansung kebayang gimana ribet dan liciknya tuh birokrasi ..walhasil sebagai warga lo jadi ga tau apa-apa…sekarang klo udah begitu siapa yang mau di salahin???

buat gw ga usah bermimpi untuk berantas kasus korupsi kelas kakap sekelas century….klo beginian aja ga bisa di berantas…untung tadi ada mobil jadi gw bisa pindah-pindah dari satu kantor ke kantor lainya dengan nyaman dan mudah….coba lo banyangin yang pake kendaraan umum….apa ga kasian??? udah di oper-oper trus pake acara di palak…..untung mood lagi bagus dan pacar setia mendampingi….klo kagak mungkin gw juga udah gerutu aja bawaanya….

Sobat Tumbr

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz