Thursday, March 28, 2013

Pot Batik yang Cakep


Styrofoam, tentu sobat elang tau kan,, itu lhoo yang putih2, yang biasanya dibuat mainan salju ma anak2 kecil. 

Styrofoam yang memiliki nama lain Polystyrene memang punya 2 sisi yaitu positif dan negatifnya. Tetapi, Styrofoam yang terutama dipakai sebagai kemasan makanan atau minuman yang memang terlihat praktis dan rapi ini merupakan produk dari minyak bumi yang memang hanya diperbolehkan sekali pakai dan sebaiknya dihindari. Bayangkan saja betapa banyaknya tumpukan styrofoam yang akan muncul apalagi jika kita membuangnya di sembarang tempat. Wadah pop mie, dan mie instan lainnya banyak yang menggunakan benda ini. 
Limbah styrofoam yang tak dapat diurai oleh alam merupakan masalah besar bagi lingkungan. Sebab jika dibakar asap hitamnya menjadi polusi udara, tapi kalau dibuang bisa menjadi penyebab banjir. Mengingat benda putih bersih ini tak dapat terurai dengan cepat atau membutuhkan waktu hampir ratusan tahun. Memang ada beberapa perusahaan di luar negri yang bisa mendaur ulang styrofoam menjadi barang yang dapat dipakai kembali, tetapi di Indonesia, styrofoam yang didaur ulang kembali menjadi styrofoam kembali. Lagi lagi Styrofoam lagi.
Kali ini, dengan sedikit kreatifitas dari para sobat elang, tentu wadah yang terbuat dari Styrofoam ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lain dan juga tidak mencemari lingkungan sekitar alias ramah lingkungan.
Wadah Styrofoam yang berwarna putih ternyta ada keuntungannya tersendiri bagi sobat elang yang memandang dari sudut lain. Seperti para seniman lukis bilang, semua yang ada di dunia ini adalah media untuk melukis, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya. Berangkat dari pernyataan itu, kita bias memodifikasi bekas pop mie yang terbuat dari Styrofoam ini menjadi pot bunga hias yang mungil dan bermotiv hias.
Dinding wadah pop mie yang berwarna putih dapat kita lukis dengan lukisan yang indah, sehingga menambah nilai estetika dari sebuah pot. Daripada membeli pot baru, mending memanfaatkan barang yang ada kan,, itulah kreatif,, hehehe..
Dinding wadah pop mie tentu bias dilukis dengan berbagai lukisan, terserah para sobat elang, namun dari rekomendasi sang elang biru, akan lebih berbudaya bila dilukis dengan motif batik, sehingga disamping manfaatnya sebagai pot, estetika dari budaya batik juga dapat.
Namum itu semua kembali kepada sobat elang sendiri mengenai bagaimana kreasi sobat elang, mungkin bagi yang suka pemandangan landcape, bias menggambarnya disini, atau mungkin yang menyukai lukisan abstrak, hehehe paling mudah nih,, bias juga menggambarnya disini..
 
Nah itu sedikit contohnya,, lukisan motif batik,, ada yang tau gak itu motif batik mana???
ane sendiri juga kurang tahu kang,, hahaha
Dan jangan lupa, yang terpenting dari pot, bagian bawah dilubangi, bias dengan menggunakan gunting atau bias juga dengan alat tusuk yang lain,, agar air siraman dapat keluar dan tidak menimbulkan kejenuhan bagi tanaman.
Tentunya bukan sembarang tanaman yang cocok untuk pot yang seperti ini, kalo saran dari ane pribadi mending pilih kaktus, sukulen, bromeliad, atau sansiviera.
Atau bias juga ditanami dengan tanaman pengusir nyamuk,, kan lumanyun tuh. Hehee.
Untuk tanaman pengusur nyamuknya bias dilihat disini., pilih ndri dah..


Sumber : Lime Green, Savitri






0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz