Thursday, March 28, 2013

MUSIM HUJAN YA PANEN HUJAN

Musim duren panen duren, musim hujan tentunya sebaiknya panen hujan. Banyak cara memanen air hujan, bisa dengan sumur resapan, bisa dengan tangki air. Banjir bisa berkurang, dan air hujan yang dipanen bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, terutama di musim kemarau.

Ane
mempunyai tangki air yang sudah tidak terpakai. Tadinya saya bingung, apakah tangki air bekas ini dijual saja atau diberikan kepada pemulung. Ketika musim hujan tiba, saya mempunyai ide, baiknya dipakai sebagai penampung air hujan.

Di belakang rumah ane ada bangunan kecil yang berfungsi sebagai gudang. Atapnya dari asbes gelombang, tanpa talang. Terpaksa saya menyuruh asisten saya untuk membuat talang terlebih dahulu. Kemudian tangki air bekas diperiksa apakah ada yang bocor atau belah, dan selanjutnya dilengkapi dengan kran air di bagian bawahnya, untuk maksud mengocorkan air bila diperlukan.


Pondasi tangki dinaikkan dengan tumpukan batu yang tepinya dipasangi bata agar nampak rapih. Begitu terpasang, hujan turun, mulailah saya panen air hujan. Coba bila seluruh warga kota memanen air hujan, dengan cara apapun, maka persoalan banjir agak teratasi, dan dimusim kemaraupun masih mempunyai persediaan air gratis. Apalagi kalau wadah untuk panen hujannya bisa dibuat sebesar mungkin.
Air hujan yang ane tamping ini kan bias digunakan untuk menyiram tanaman, heheh.. tapi jangan untuk cuci motor lho yaa,, gak baik kata eyang..
Namun agaknya apakah air hujan aman bila digunakan untuk menyiram tanaman secara terus menerus,,, agaknya diperlukan penyaringan juga deh.. hehehe
 
Sumber : Waste


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
free counters
>

Copyright © 2012. Elang Biru - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz